CONTOH MAKALAH || PENGERTIAN, SEJARAH, DAN CONTOH SOSIAL MEDIA SERTA MANFAAT, PANDANGAN, DAN KOMPONEN

PENGERTIAN, SEJARAH, DAN CONTOH SOSIAL MEDIA SERTA MANFAAT, PANDANGAN, DAN KOMPONEN

A. PENGERTIAN SOSIAL MEDIA
Sosial media merupakan sebuah media untuk bersosialisasi satu sama lain dan memungkinkan manusia atau user untuk saling berinteraksi tanpa dibatasi ruang dan waktu (Saumi, 2012).Di sini user atau pengguna dapat berbagi informasi berupa pengalaman, kejadian-kejadian, berbagi foto, dan dapat juga untuk menambah wawasan serta bisa juga sebagai ajang untuk mencari atau menambah teman (Anonim, 2013).

Gambar 1. Media Sosial
Sumber: www.Quantri.vn

B. SEJARAH DAN PERKEMBANGAN SOSIAL MEDIA
Sosial media mempunyai peran aktif dalam memajukan perkembangan informasi di dunia sekarang ini. Sektor publikasi berita, bisnis, perdagangan dan yang lainnya mendapatkan dampak positif akibat adanya sosial media ini. Sebenarnya kesuksesan itu dibangun diatas proses dan kerja keras yang panjang yang dilakukan oleh para creator sosial media populer yang berkembang hingga saat ini. Berikut adalah penjelasan lebih lanjut dari sejarah dan perkembanga sosial media berdasarkan pembabakan tahun.
1. Tahun 1978
Ward Christensen dan Randy Suess yang merupakan penggemar komputer, menciptakan Computerized Bulletin Board System (BBS). Hal tersebut bertujuan untuk memberi tahu teman-temannya jika ada sebuah pertemuan, pemberitahuan atau berita dan sebagai tempat sharing informasi (Anonim, 2014).

2. Tahun 1993
MahasiswaUniversitas Ilinois di Urbana-Champaign mengembangkan sebuah Mosaic. Mosaic ini merupakan sebuah browser terakreditasi. Hasilnya adalah World Wide Web  dan halaman Web menjadi terkenal di pubik seperti sekarang ini. Pada tahun yang sama Beverly Hills Internet mengumandangkan GeoCities, sebuah jasa yang memungkinkan pengguna membuat websitenya sendiri (Anonim, 2014).

3. Tahun 1994
Pada masa ini internet dikenal sebagai Information Superhighway. Maksudnya adalah internet sudah menjadi sumber informasi supercepat (Anonim, 2014).

4. Tahun 1995
Web mempunyai satujuta website (Anonim, 2014). Selain itu lahirnnya sebuah website dengan nama Geocities

5. Tahun 1997
Member dari GeoCities mencapai satu milyar orang. Munculnya AOL (America Online)Instant Messanger yang yang memungkinkan orang-orang untuk melakukan chatting. Pada tahun ini juga aktifitas blogging mulai terjadi akibat dirintisnya Google (Anonim, 2014). Selain itu juga lahir sebuah jejaring sosial bernama Sixdegree.com

6. Tahun 1998
GeoCities sangat dikenal publik, sehingga perusahaan Yahoo membeli GeoCities dengan harga 3,57 milyar dollas amerika. Hadirnya Friend Reunited, jejaring sosial pertama yang mencapai kepopuleran pada tahun ini. Friend Reunited diciptakan di Great Britanian, fungsinya adalah untuk memungkinkan para siswa alumni untuk mengakses teman-temannya yang dulu. Selain itu, Blogger juga lahir di tahun ini (Anonim, 2014).

7. Tahun 2000
70 juta komputer pada tahun ini sudah mulai terhubung dengam internet. Bersamaan dengan itu, jejaring sosial  Friendster diliris. Hanya dengan waktu tiga bulan pengguna Friendster sudah mencapai 3 juta orang (Anonim, 2014).

8. Tahun 2002
AOL  mempunyai 34 juta member dan MySpace muncul (Anonim, 2014).

9. Tahun 2003
Perusahaan Google membeli Blogger. Linden Lab memperkenalkan dunia virtual (Second Life). LinkedIn diliris sebagai jejaring sosialnya para profesional. Selain itu Facebook juga diliris oleh Mark Zuckeberg, tetapi hanya untuk kalangan mahasiswa Harvard saja pada saat itu. Akibat populernya jejaring sosial yang dibuat oleh Mark ini, sehingga ada tawaran dari invertor asing untuk membeli Facebook dengan harga sepuluh juta dollar amerika, tetapi Mark menolak untuk menjualnya (Anonim, 2014).

10. Tahun 2004 
Digg diliris sebagai News Site, dimana orang-orang dapat berbagi berbagai konten dari mana saja di web tersebut. Blog Early, Blog Often (BeBo) diliris juga sebagai jejaring sosial (Anonim, 2014). FUPEI , yaitu Friends Uniting Program Especially Indonesia, diliris. FUPei ini diciptakan oleh anak bangsa Indonesia (Priyo, 2013).

11. Tahun 2005
News Corp. membeli MySpace dengan harga 580 juta dollar amerika dan sejak saat itu MySpace menjadi jejaring sosial yang terpopuler di USA. Viacom melakukan penarawan terhadap Facebook senilai 75 juta dollar amerika, tetapi pihak Facebook menolaknya. Saat itu Friendster Reunited dengan 15 juta membernya dijual kepada British Television Company ITV. YouTube mulai berkembang. 

12. Tahun 2006
Viacom kembali ingin membeli Facebook dengan harga yang lebih tinggi yaitu 1,5 milyar dollar amerika dan Yahoo juag ingin membeli Facebook dengan harga 1 milyar dollar amerika. Lagi-lagi Facebok menolak kedua tawaran tersebut. Pada tahun yang sama Facebook juga membuka perekrutan anggota baru dan juga membuat facebook Platform, sebuah jasa servise yang memungkinkan seorang depeloper membuat aplikasi untuk Facebook. Selain itu, dalam sehari Google telah mendapat 400 juta pengguna. Pada tahun yang sama Twitter lahir (Anonim, 2014).

13. Tahun 2007
Beacon lahir, sebuah sistem periklanan yang membongkar segala aktivitas pembelian dari pengguna. MoveOn.org dan yang lainnya memprotes aksi tersebut. Mereka menganggap beacon telah menginvasi privasi dari pengguna. Oleh sebab itu Beacon ditutp kembali pada tahun 2009 (Anonim, 2014).

14. Tahun 2008
Facebook dikategorikan sebagai jejaring sosial yang paling banyak penggunanya di dunia.pengunanya mencapai 200 juta orang. Jumlah tersebut merupakan dua kali lipat dari MySpace. BeBo di beli oleh AOL. Facebook mencoba untuk membeli Twitter seharga 500 juta dollar amerika. Tumblr dan Plurk diliris (Anonim, 2014). 

15. Tahun 2009
Hadirnya Unfriend, yaitu Kamus Oxford Amerika Terbaru. Microsoft meliris Bing untuk menyaingi Yahoo dan Google. ITV menjual Friends Reunited kepada Brightsolid Limited. Weibo lahir. Facebook mencapai 400 juta pengguna, sampai mengungguli Google. MySpace mengalami kemunduran dalam hal kepopuleranitas karena penggunanya menurun hingga 57 juta orang (Anonim, 2014).

16. Tahun 2010
Untuk mengungguli Facebook dan Twitter, Google meliris Buzz, sebuah jejaring sosial yang terintegrasi dengan Gmail. Pada minggu pertama, jutaan pengguna dari Gmail telah membuat 9 juta post. AOL menjual BeBo kepada Criterion Capital Partners. Terakhir Apple menliris IPad (Anonim, 2014).
Hal yang paling mengejutkan adalah populasi manusia di dunia diestimasikan mencapai 1,97 milyar sebagai pengguna aktif internet. Hal tersebut mendekati 30% dari total jumlah penduduk di dunia. Pengunjung Tumblr dalam satu bulan mencapai satu milyar dan terdapat dua milyar postingan per hari.Pinterest diliris sebagai Content Curation Site. Pada tahun ini terdapat 550 juta pengguna  aktif Facebook, 65 juta tweets dari Twitter perharinya dan dua milyar idio yang ditonton pengguna setiap harinya di YouTube. LinkedIn mempunyai 90 juta pengguna profesional dan dikenal publik (Anonim, 2014).

17. Tahun 2011
Apple memperkenalkan Music-Based Social Network yang disebut Ping. News Corp menjual MySpace kepada Specific Media seharga 35 juta dollar amerika. MySpace dan BeBo diperbarui untuk menyaingi Facebook dan Twitter. Facebook juga mendapatkan peghasilan pertahunnya sekitar 3,7 Triliun. LinkedIn menjadi sosial media populer kedua di US dengan 33,9 milyar pengunjung perbulannya. Twitter mendapat 33 milyar Tweet perharinya.Google+ lahir. Pinterest mengalahkan LinkedIn, YouTube dan Google+, hingga mencapai pengunjung sebanyak 10 juta perbulan. Teralhir Snip.it diliris (Anonim, 2014). Selain itu, Google juga meliris Helloo sebagai jejaring sosial.

18. Tahun 2012
Twitter mencapai 12,233 Tweet per detik selama Super Bowl (Anonim, 2014).

C. CONTOH SOSIAL MEDIA
Beberapa artikel menyebutkan bahwa sosial media dapat dikelompokkan lagi menjadi beberapa bagian besar. Bagian yang dimaksud menurut Saumi (2012) adalah sebagai berikut.
1. Social Networks
Media untuk bersosialisasi dan berinteraksi. Contohnya yaitu Facebook, MySpace, Hi5, LinkedIn, XING, BeBo, Google+, Weibo, Badoo, Yelp, Orkut, Foursquere, dan lain-lain.
a. Facebook, didirikan oleh Mark Zuckerberg, seorang mahasiswa Harvard kelahiran 14 Mei 1984 dan mantan murid Ardsley High School. Facebook memungkinkan para pengguna dapat menambahkan profil dengan foto, kontak, ataupun informasi personil lainnya dan dapat bergabung dalam komunitas untuk melakukan koneksi dan berinteraksi dengan pengguna lainnya. Untuk dapat menggunakan Facebook seseorang harus mendaftar dulu untuk mendapatkan akun pribadi (Santoso, 2013).
b. MySpace, situs jaringan sosial populer yang menawarkan jaringan antar teman, profil pribadi, blog, grup, foto, musik dan video untuk remaja dan dewasa di seluruh dunia. Markas situs ini terletak di Beverly Hills, California, Amerika Serikat (Alexander). Tetapi pada tahun 2005, News Corp membeli MySpace dan MySpace resmi berpindah tangan menjadi milik News Corporation (Saumi, 2012).
c. Hi5, didirikan oleh Ramu Yalamanchi pada tahun 2003. Pada tahun 2008, situs web ini masuk ke dalam 20 situs jejaring sosial yang banyak dikunjungi oleh pengguna internet diseluruh dunia (Saumi, 2012).
d. LinkedIn, situs web jaringan sosial yang berorientasi bisnis, terutama digunakan untuk jaringan profesional. Sampai September 2007 situs ini memiliki lebih dari 14 juta pengguna terdaftar, meliputi 150 industri dan lebih dari 400 bidang ekonomi yang diklasifikasi menurut jasanya.CEO LinkedIn saat ini adalah Dan Nye dan kantornya berlokasi di Mountain View, California. Perusahaan ini didanai oleh Greylock, Sequoia Capital, Bessemer Venture Partners, serta European Founders Fund. LinkedIn mulai meraih keuntungan sejak Maret 2006 (Saumi, 2012).
e. XING, Serupa dengan LinkedIn, XING juga kerap digunakan di kalangan profesional pekerja. Saat ini miliki 12 juta pengguna (Priyo, 2013).
f. BeBo (Blog Early, Blog Often), jejaring sosial yang popular yang dibuat pada bulan Januari 2005. BeBo banyak dipakai di beberapa Negara termasuk Irlandia, Kanada, Amerika Serikat, Inggris, Selandia Baru dan Australia. Dibuat oleh suami dan istri Michael dan Xochi Birch. Lalu AOL membelinya pada 13 Maret 2008 (Sudartini, 2014).
g. Google+, jejaring sosial ini dirintis oleh Google. Kini media sosial ini memiliki 400 juta pengguna. Google+ terkenal dengan fitur Hangout-nya (Priya, 2013).
h. RenRen, Jika AS miliki Twitter, China miliki Sina Weibo. Di China juga memiliki Facebook sendiri, yakni RenRen. Didirikan Desember 2005, RenRen kini miliki 250 juta pengguna (Priyo, 2013).
i. Badoo, didirikan tahun 2006, Badoo kini miliki 100 juta pengguna. Jejaring sosial ini sering disebut sebagai social discovery website (Priyo, 2013).
j. Yelp, sering disebut jejaring sosial berbasis lokasi. Pengguna tak jarang mendapatkan rekomendasi lokasi dari jejaring sosial ini. Saat ini miliki 84 juta pengguna (Priyo, 2013).
k. Orkut, tak banyak yang tahu jika Orkut adalah jejaring sosial lain milik Google. Media ini dilaunching pada tanggal 22 Januari 2004 oleh Google Inc. Situs ini merupakan dari karyawan Google sendiri, jadi bukan merupakan hasil akuisisi dari pihak manapun. Dinamai Orkut, karena nama itu sebagai bentuk dedikasi Google terhadap kreatornya yang bernama Orkut Büyükkökten. Orkut tidak begitu populer di Indonesia. Pengguna Orkut kebanyakan dari negeri Samba (Brasil). jumlah user sebanyak 200 juta orang diseluruh dunia.(Priyo, 2013).
l. Foursquere, Jejaring sosial berbasis lokasi ini kini miliki 25 juta pengguna. Kini jejaring sosial tersebut mampu menembus 3 miliar check-in (Priyo, 2013).

2. Discuss
Media yang memfasilitasi sekelompok orang untuk melakukan obrolan dan diskusi seperti, Google Talk, Yahoo! Meme, Skype, Phorum, dan lain-lain.
a. Yahoo! Meme, atau sering disebut juga Yahoo! Mim, nama meme sendiri tidak memiliki arti khusus. Namun, istilah “meme” di web dikenal sebagai sesuatu yang menyebar dengan cepat dan perhatian semua orang.Yahoo! Meme memiliki kemiripan fitur seperti Twitter yakni @reply (balasan) dan direct messages. Meme juga memiliki kemiripan lainnya yakni menganut sistem follower seperti Twitter dan juga Repost (dalam Twitter dikenal dengan Retweet) (Sudartini, 2014).Situs media ini dibuat oleh Yahoo! Pada tahun 2009 (Priyo, 2013). 
b. Skype, aplikasi messenger difokuskan pada layanan voice messenger ketimbang teks sehingga Skype lebih dikenal sebagai aplikasi VoIP (Voice over Internet Protocol) yaitu komunikasi suara melalui protokol Internet. Dengan fasilitas VoIP tersebut kita dapat berkomunikasi dengan siapa saja diluar sana dengan mudah dan biaya gratis. Komunikasi dapat dilakukan hampir-hampir real time (Santoso, 2013).

3. Share
Media yang memfasilitasi user untuk saling berbagi file, video, music, dan sejenisnya. Contohnya yaitu YouTube, Instagram, Soundcloud,  FUPEI, SlideShare, Feedback, Flickr, Crowdstorm dan lain-lain.
a. YouTube, adalah media untuk upload video secara gratis dari file anda dan bisa di share secara online.  YouTube sangat cocok bagi kita yang ingin mencari informasi tanpa harus membaca artikel karena kebanyakan YouTube di video-kan dalam bentuk lisan oleh authornya (Anonim, 2012).
b. Flickr, situs berbagi foto ini kini miliki 75 juta pengguna. Flickr masif digunakan di kalangan pecinta fotografi (Priyo, 2013).
c. Instagram, memiliki harga fantastis, 1 miliar dolar. Instagram merupakan aplikasi pengolah gambar. Saat ini miliki 100 juta pengguna (Priyo, 2013).
d. Soundcloud, sering disebut sebagai media sosial berbasis audio. Didirikan bulan Agustus 2007, kini Soundcloud tersebut miliki 20 juta pengguna (Priyo, 2013).
e. FUPEI, situs ini buatan anak Indonesia asli. FUPEI adalah kependekan dari Friends Uniting Program Especially Indonesian adalah sebuah situs jaringan sosial yang berdiri pada bulan Mei 2004 menyediakan ruang gerak untuk kegiatan pertemanan bagi penggunanya secara interaktif. Berawal dari booming situs-situs jaringan sosial seperti friendster pada tahun 2004, FUPEI yang turut ikut memberikan sebuah ruang untuk pengguna internet di Indonesia merupakan sebuah bentuk user-generated-content yang mencakup foto, musik, video, dan lain-lain (Priyo, 2013). 

4. Publish
Media yang memungkinkan pengguna untuk berbagai informasi, pengalaman pribadi, berita dan sejenisnnya. Contohnya adalah Tumbrl, Wordpress, Wikipedia, Blog, Wikia, Digg, dan lain-lain.
a. Tumblr, media ini masuk ke ranah blog. Tak kalah bersaing dengan platform blog lain macam WordPress maupun Blogger. Saat ini miliki 81 juta pengguna (Priya, 2013).
b. Wikipedia, merupakan ensiklopedia isi bebas yang dimulai pada tahun 2001 (versi bahasa Indonesia dimulai pada tahun 2003). Artikel-artikel di Wikipedia merupakan hasil kolaborasi oleh para penyumbangsih dari seluruh dunia. Situs ini merupakan situs wiki, yang berarti siapapun dapat menyunting artikel, memperbaiki dan menambahkan informasi, hanya dengan mengklik pranala sunting yang berada di atas setiap halaman (Anonim, 2012).

5. Sosial Game
Media berupa game yang dapat dilakukan atau dimainkan bersama-sama. Contohnya adalah Friendster,Koongregate, Doof, Pogo, Cafe.com, dan lain-lain.
a. Friendster, sempat menjadi primadona. Friendster, yang ide penamaannya berasal dari nama Napster, adalah sebuah situs web jaringan sosial di mana seorang pengguna akan membuat identitas maya dan kemudian mengisi data dirinya untuk kemudian mendapatkan account di Friendster. Friendster dimulai sejak tahun 2002 oleh Jonathan Abrams dan sekarang sudah melewati masa beta test. Sejak awal 2005, Friendster juga telah memulai fitur blog. Bahasanya juga sudah multi-language. Dan kini sudah ada versi untuk mobile-nya. Akan tetapi Friendster kini fokus ke ranah sosial game. Kini Friendster miliki 8,2 juta pengguna (Priyo, 2013).

6. MMO
MMO merupakana Massively Multiplayer Online, yaitu media game yang memfasilitasi penggunanya untuk dapat berinteraksi melalui karakter dari game tersebut satu sama lain dan sifatnya daring (online). Contohnya adalah sebagai berikut Kartrider, Warcraft, Neopets, Conan, dan lain-lain.

7. Virtual worlds
Contohnya adalah Habbo, Imvu, Starday, dan lain-lain.

8. Livecast
Media yang menfasilitasi penggunanya seputar infotaiment. Contohnya yaitu Y! Live, Blog Tv, Justin Tv, Listream Tv, Livecastr, dan lain-lain.

9. Livestream
Contohnya yaitu Socializr, Froendsfreed, Socialthings!, dan lain-lain.

10. Micro blog
Contohnya adalah Twitter, Helloo, Weibo,Plurk, Pownce, Twirxr, Plazes, Tweetpeek, dan lain-lain.
a. Twitter, microblogging ini memiliki setengah miliar pengguna atau hampir setengah pengguna Facebook. Didirikan tahun 2006, Twitter cepan mendapat hati di kalangan netizen khususnya pengguna mobile (Priyo, 2013).
b. Heello, jejaring sosial terbaru setelah Google+ yang dirilis bulan Juni 2011. Heello merupakan saingan utama twitter. Heello di dibuat oleh Noah Everett yang juga menemukan Twitpeek. Bisa dibilang Hello  merupakan kloning dari saudara tuanya yakni Twitter. Lihat saja beberapa tampilannya yang hampir mirip. Mulai dari batas karakter untuk sharing status, username yang menggunakan @username seperti Twitter, Replies dan sebagainya (Sudartini, 2014).
c. Weibo, atau Sina Weibo didirikan Agustus 2009. Saat ini memiliki 300 juta pengguna. Weibo sering disebut sebagai Twitter-nya China (Priyo, 2013).
d. Plurk, Dirilis pada tanggal 12 Mei 2008. Plurk sangat populer di Taiwan, Filiphina dan Indonesia. Plurk merupakan akronim dari Peace, Love, Unity, Respect dan Karma. Plurk memiliki keunikan tersendiri dibanding dengan media lainnya, yaitu Plurk akan memberikan reward kepada plurker (sebutan bagi user plurk) yang dikenal dengan nama karma. Karma akan diberikan berdasarkan jumlah response terhadap plurk yang di posting seseorang, keaktifan dalam pertemanan dan jumlah perekrutan anggota baru (Sudartini, 2014).

D. MANFAAT MEDIA SOSIAL
Manfaat sosial media adalah sebagai berikut.
1. Bagi masyarakat umum
a. Mungkinkan masyarakat untuk berkomunikasi satu sama lain tanpa batasan ruang dan waktu.
b. Memudahkan bertukar informasi.
c. Memudahkan mencari media pemasaran, dagang, mencari koneksi, mencari kerja, berbelanja, dan memperluas pertemanan.
d. Bisa belajar Bahasa Asing.
e. Dapat berekspresi dengan bebas.
f. Mempelopori gerakan revormasi dan revolusi akibat kebebasan berpendapat.
g. Berbisnis online.
h. Mempererat tali silahturahmi.
i. Media refreshing

2. Bagi Pelajar
a. Memudahkan untuk belajar
b. Memudahkan penyetoran tugas kepada pihak sekolah.
c. Memudahkan mencari informasi
d. Melancarkan komunikasi antar anggota maupun organisasi di sekolah
e. Sarana diskusi, siswa bisa bergabung dengan berbagai komunitas atau group.
f. Media refreshing

E. PANDANGAN TERHADAP SOSIAL MEDIA
Banyak hal telah menjadi mudah dengan adanya sosial media. Masyarakat tentu menyadari hal tersebut. Bahkan mereka sangat beryukur dengan adanya sosial media, pertukaran informasi menjadi cepat. Disisi lain juga tidak sedikit masyarakat yang merasa diri mereka dirugikan akibat sosial media. Menurut Anonim2 (2014), Sebagian orang mengatakan bahwa jejaring sosial dan dunia maya (CyberSpace) telah mengubah dunia menjadi sebuah desa, bahkan sebagian cendekiawan mengatakan bahwa CyberSpacetelah mengubah dunia menjadi sebuah "gubuk." Mereka meyakini bahwa pudarnya jarak tempat, waktu, bahasa, etnis dan budaya di jejaring sosial, menyebabkan batasan-batasan yang ada telah kehilangan makna yang sebenarnya. Maksudnya adalah jejaring sosial dan dunia maya secara tidak langsung membuat masyarakat lupa akan batasan-batasan bertingkah laku, berpendapat dimuka umum dan arti kata bebas secara hukum.
Hal yang lebih menarik lagi tentang sosial media adalah sebagian masyarakat rela untuk meluangkan waktu hanya untuk membuat akun jejaring sosial. Hal tersebut dilatarbelakangi oleh pikiran sederhana yaitu, pada jejaring sosial banyak kehadiran orang-orang terkenal seperti tokoh politik, selebriti, olahragawan, aktor dan aktris populer serta politisi tersohor (Anonim2, 2014).
Dari kalangan politikus dan pemerintah, mereka beranggapan bahwa sosial media telah mempermudah mereka untuk mengetahui pandangan masyarakat baik yang setuju ataupun tidak setuju tentang kebijakan dan aktivitas mereka, sehingga paling tidak mereka akan mengetahui respon masyarakat terhadap berbagai masalah. Dewasa ini sedikit sekali orang yang mengingkari pentingnya peran opini publik terhadap nasib para penguasa dan politisi, bahkan bisa dikatakan tidak ada yang mengingkarinya.Salah satu hal terpenting yang selalu menjadi perhatian sebuah pemerintahan adalah menarik opini publik kepada kepentingan pemerintah supaya mendukung agenda dan kebijakan pemerintah tersebut. Mungkin di masa lalu, upaya itu hanya dilakukan melalui media, ceramah dan seminar politik, namun sekarang para politisi telah menggunakan jejaring sosial untuk menggalang dukungan rakyat (Anonim2, 2014).
Melalui jejaring sosial, para politisi berusaha menjelaskan pandangan, agenda dan keyakinan mereka tentang isu-isu kontemporer dan berbagai masalah makro lainnya di masyarakat. Bahkan dalam situasi sensitif politik, aktivitas di jejaring sosial dapat menimbulkan gelombang dan dukungan besar dari para pengguna terhadap aktivitas seseorang atau gerakan politik (Anonim2, 2014).

F. KOMPONEN – KOMPONEN SOSIAL MEDIA
Menurut Ahadi (2013) yang termasuk komponen-komponen dalam sosial media adalah Handphone, Internet, dan Komputer. Handphone / Smart Phone dapat dikategorikan sebagai komponen karena dengan Smart Phone dapat mengakses beberapa situs jejaring sosial diantaranya Facebook, Twitter, Email, Plurk, Heello, FourSquare, dan lain sebagainya.SmartPhone juga dapat lebih cepat mendapatkan informasi yang diinginkan atau juga memberikan informasi yang didapatkan sesuai dengan kenyataan. 
Internet dijadikan sebagai komponen, karena dengan Internet masyarakat dapat mengakses berbagai informasi dimanapun kita berada. Internet memudahkan masyarakat untuk melakukan sebuah interaksi sosial dengan manusia sekitar. Yang terakhir adalah komputer. 
Komputer dijadikan sebagai komponen karena computer juga dapat memudahkan pengguna mendapatkan informasi. Ketiga komponen diatas tidak dapat saling dipisahkan, antara Smart Phone dengan Internet dan juga Komputer dengan Internet. Ketiganya saling berkaitan dan harus seimbang dalam pemakaiannya, sehingga informasi yang tersebar melalui sosial media dapat diakses dengan mudah. Tambahan komponen- komponen lainnya yang mendukung sosial media menurut Anonim (2012), yaitu Personal Komputer (PC) atau Notebook, DVDs (Digital Versatile Disc or Digital Video Disc), VCDs (Compact Discs), Portable Media Player, Video Game atau Game Computer dan Virtual Reality.

DAFTAR PUSTAKA

Ahadi, Wahyu. 2013. NEW MEDIA (DEFINISI, PANDANGAN, MANFAAT, KOMPONEN, APLIKASI). Artikel. Diakses melalui: http://57412627ug.blogspot.com/2013/11/new-media-definisi-manfaat-komponen.html pada tanggal 24 September 2014
Alexander. SITUS JEJARING SOSIAL DAN DAMPAT TERHADAP PENGGUNANYA. Artikel. Diakses melalui: http://artikeldanopini.blogspot.com/2010/06/situs-jejaring-sosial-dan-dampak.html pada tanggal 22 September 2014
Anonim. 2012. NEW MEDIA - DEFINISI, APLIKASI, PANDANGAN, MANFAAT, KOMPONEN). Artikel. Diakses melalui: http://thomasatreides.blogspot.com/2012/10/new-media-definisi-aplikasi-pandangan.html pada tanggal 24 September 2014
Anonim. 2013. SEJARAH SOSILA MEDIA DAN PERKEMBANGAN SOSIAL MEDIA. Artikel. Diakses memalui: http://sugikshare.blogspot.com/2013/10/sejarah-sosial-media-dan-perkembangan.html pada tanggal 22 September 2014
Anonim. 2014. A HISTORY OF THE BUSINESS OF SOCIAL MEDIA. Diakses memalui: http://www.fanspage-id.com/2012/08/sejarah-dan-perkembangan-sosial-media.html pada tanggal 22 September 2014
Anonim2. 2014. JEJARING SOSILA DAN KEPENTINGAN POLITISI. Artikel. Diakses melalui: http://www.indonesian.irib.ir/ranah/sosialita/item/75460-Jejaring_Sosial_dan_Kepentingan_Politisi pada tanggal 22 Semtember 2014.
Priyo, Kukuh Wibowo. 2013. MACAM JEJARING SOSIAL. Artikel. Diakses melalui: http://www.all-blog-share.blogspot.com/2013/03/macam-macam-jejaring-sosial-lengkap.html ada tanggal 22 September 2014
Santoso, Jainur. 2013. SEJARAH DAN PERKEMBANGAN JEJARING SOSIAL.Artikel. Diakses melalui: http://www.putussibau.com/iptek/komputer/175-sdpjs.html pada tanggal 22 September 2014
Saumi, Rafi Rustian. 2012. APA ITU SOSIAL MEDIA. Artikel. Diakses melalui:http://www.unpas.ac.id/apa-itu-sosial-media/ pada tanggal 22 September 2014
Sudartini, Wiwik. 2014. PENGERTIAN WEB DAN CONTOH WEB SOSIAL MEDIA. Artikel. Diakses melalui: http://wiwiksudartiniblog.wordpress.com/2014/01/20/pengertian-web-dan-contoh-web-sosial-media pada tanggal 22 September 2014

0 Response to "CONTOH MAKALAH || PENGERTIAN, SEJARAH, DAN CONTOH SOSIAL MEDIA SERTA MANFAAT, PANDANGAN, DAN KOMPONEN"

Post a Comment